Menu

Nusa Penida Bali

Liburan Alternatif Bali: Nusa Penida Bali

Pulau Bali tidak ada habisnya memberikan pemandangan alam yang indah, namun ternyata tidak hanya Pulau Bali sendiri yang memiliki potensi wisata. Rupanya, sejumlah pulau kecil yang mengelilingi Pulau Bali ini juga menawarkan pengalaman wisata yang cukup menarik. Salah satu dari beberapa pulau kecil di sekitar Pulau Bali tersebut adalah Nusa Penida Bali. Nusa Penida ini merupakan sebuah pulau yang letaknya berdampingan dengan dua pulau lainnya, yakni Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan.

map nusa peninda bali

map nusa peninda bali

Nusa Penida berada di Teluk Badung yang terletak di bagian tenggara Pulau Bali. Dengan luas pulau yang mencapai 200 km2, Nusa Penida adalah pulau ‘kecil’ yang lebih besar dari Nusa Lembongan yang hanya berukuran puluhan kilometer saja serta Nusa Ceningan. Sebagian Pulau Lembongan ditutupi oleh hamparan alam berbentuk perbukitan hijau, namun sebagian pulau lainnya ditutupi oleh area yang kering. Walaupun begitu, pulau ini tetap menyimpan keindahan tersendiri yang datang dari berbagai bentuk, entah itu pemandangan alam, kekayaan flora dan fauna, maupun budaya masyarakat setempatnya. Nusa Penida masih memiliki fasilitas wisata yang lebih minim jika dibandingkan dengan Nusa Lembongan, namun kabarnya, beberapa investor telah mulai merencanakan pembangunan wisata di sana. Bahkan sisi tebing di Nusa Penida ini juga mencari incaran dari para investor tersebut. Tak heran, karena pemandangan dari tebing tersebut sangat mahal harganya.

nusa peninda bali

nusa peninda bali

panorama nusa peninda bali

panorama nusa peninda bali

Berbagai kegiatan yang dapat Anda lakukan di pulau ini adalah snorkeling, diving, trekking atau lintas alam, menyaksikan atraksi dari burung dan ular-ular besar, mengunjungi tempat penangkaran penyu atau menikmati lezatnya kelapa muda yang khas dari Nusa Penida. Bagi Anda yang mengincar kegiatan menyelamnya, Anda bisa menyelam dari berbagai spot terbaik di Nusa Penida, seperti Suana Bay, Pantai Ped, Crystal Bay, Toyapakeh, atau Manta Point, yang menjadi spot selam paling terkenal di Nusa Penida. Lokasi terkenal tersebut diberi nama Manta Point karena pada kawasan tersebut terdapat banyak sekali ikan pari atau yang disebut manta. Asyik, bisa melihat ikan pari dari dekat!

Sementara itu, bagi Anda yang pecinta alam dan mengincar lintas alam di Nusa Penida Bali, Anda dapat mengujungi salah satu kawasan alam paling menarik di sini, yakni Temeling. Mengapa menjadi paling menarik, karena Temeling memiliki sebuah pemandian alami yang airnya sangat jernih. Jadi, Anda bisa berenang-renang santai di sini sepuasnya untuk melepas lelah sehabis trekking.

Nah, bagi yang tertarik dengan fauna di sini, Anda bisa mengujungi tempat penangkaran untuk burung langka, seperti misalnya Jalak Bali yang kini harga per ekornya sudah mencapai angka puluhan juta di pasar gelap. Tempat penangkaran burung langka ini berada di kawasan Ped dan diberi nama Friends of National Park Foundation (FNPF).

pemandangan nusa peninda bali

pemandangan nusa peninda bali

Untuk dapat mencapai Nusa Penida, Anda dapat berangkat dari Pantai Sanur dengan rute yang sama jika Anda ingin mengujungi dua pulau lain yang berdampingan dengan Nusa Penida, yakni Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Dari Pantai Sanur, Anda akan menemukan banyak kapal untuk membawa Anda ke Nusa Penida, salah satunya adalah speedboat yang memiliki tarif sekitar Rp 75,000. Selain Pantai Sanur, Anda juga bisa menempuh perjalanan dari Pelabuhan Padang Bai dan menggunakan kapal ferry dari sana untuk menyebrang ke Nusa Penida dengan tarif sekitar Rp 16,000. Rute alternatif lainnya adalah lewat Tanjung Benoa dengan menggunakan kapal Quicksilver yang memiliki tarif sekitar Rp 570,000 per orang dan sudah termasuk dengan paket kegiatan selama di Nusa Penida BaliĀ Baca juga tempat wisata di baliĀ 


Pencarian terkait:

nusa penida,nusa penida bali,nusa penida bali indonesia language:idPin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *