Menu

Pulau Kecil nan Cantik, Nusa Lembongan Bali

Pulau Kecil nan Cantik, Nusa Lembongan Bali

Jika Anda sudah cukup puas menikmati keindahan dari Pulau Bali, bagaimana jika liburan kali ini Anda mengunjungi suatu pulau yang baru? Lokasinya tidak begitu jauh dari Pulau Bali kok, karena pulau yang satu ini adalah salah satu dari sekian banyak pulau kecil yang mengelilingi Bali. Keindahan pulaunya? Wah, tidak perlu ditanya. Keindahannya kira-kira sebelas dua belas dengan keindahan Pulau Bali.

Nusa Lembongan Bali

Nusa Lembongan Bali

Pulau yang dimaksud di sini memiliki nama Nusa Lembongan Bali. Nusa Lembongan yang merupakan versi bahasa Bali dari Pulau Lembongan ini terletak di dekat pulau kecil di sekitar Bali lainnya, yakni Nusa Penida dan Nusa Ceningan. Berada di Selat Badung, Nusa Lembongan terletak di sebelah tenggara dari Pulau Bali tepatnya berjarak sekitar 11 km. Pulau kecil ini memiliki panjang sekitar 4,5 km serta lebar pulau sekitar 1 hingga 1,5 km, namun pulau ini tetap menyimpan keindahan tersendiri, lho. Masih termasuk dalam wilayah provinsi Bali, Nusa Lembongan secara administratif berada di kabupaten Klungkung. Di sini, sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai petani rumput laut, sementara sebagian lainnya bekerja di bidang pariwisata.(baca juga tempat wisata di bali)

bawah laut nusa lembongan bali

bawah laut nusa lembongan bali

Jika Anda menginginkan suasana pantai yang lebih tenang dan nyaman, Nusa Lembongan bisa menjadi alternatif yang baik, karena Anda tidak akan menemukan kebisingan khas perkotaan di sini. Tentu saja, karena Anda tidak akan menemukan mobil sama sekali di sini, dan Anda hanya akan melihat beberapa motor yang jarang berlalu lalang di pulau kecil ini. Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke sini hanya mengandalkan sepeda. Jadi, pulau ini juga bisa menjadi salah satu tempat Anda bermeditasi dengan nyaman. Untuk dapat mencapai Nusa Lembongan Bali, Anda bisa menggunakan berbagai fasilitas kapal dengan rute ke Nusa Lembongan dari Pantai Sanur. Kemudian Anda bisa memilih apakah Anda akan menggunakan jenis speedboat atau kapal kayu. Saat kapal kayu akan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1 hingga 1,5 jam, speedboat hanya akan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 30 hingga 45 menit saja. Tentu saja harganya akan berbeda pula.

galeri nusa lembongan bali

galeri nusa lembongan bali

Nusa Lembongan ini menawarkan berbagai keindahan alam, di antaranya pantai tentunya, hamparan pasir putih yang lembut, gua alam maupun gua buatan yang unik, kawasan rawa-rawa yang misterius, serta tebing laut yang gagah. Dibandingkan dengan dua pulau kecil lainnya yakni Nusa Penida dan Nusa Ceningan, pulau ini memiliki keindahan alam yang lebih cantik. Anda bisa melakukan berbagai kegiatan seru di sini, seperti menaklukkan ombak Nusa Lembongan dengan berselancar, snorkeling atau diving untuk menyaksikan keindahan biota laut, atau sekedar berenang di pantai. Atraksi wisata lain yang ada di Nusa Lembongan adalah pasar kerajinan serta kawasan pemukiman warga setempat yang juga kerap dikunjungi oleh wisatawan.

Jika Anda hendak berkeliling pantai untuk menikmati keindahannya dalam sehari, Anda bisa menyewa sepeda motor agar lebih efektif dan tidak melelahkan. Namun jika Anda hendak menginap beberapa hari di pulau ini untuk menikmati kecantikannya dengan santai, sepeda bisa menjadi pilihan yang paling cocok. Jangan kaget, tarif penyewaan motor di Nusa Lembongan Bali memang lebih mahal daripada di Denpasar. Hal ini mungkin dikarenakan oleh daerah pulau yang sulit dijangkau alias harus mengarungi laut dahulu. Sama halnya dengan sepeda, Anda juga akan menjumpai tarif sewa yang lebih mahal. Mungkin sebaiknya Anda membawa sendiri sepeda lipat Anda saat berkunjung ke sini agar bisa berhemat.


Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *