Menu

Wisata Sambil Belajar di Kebun Wisata Pasir Mukti

Berwisata sekaligus menambah pengetahuan di Kebun Wisata Pasir Mukti

Semakin berkembangnya teknologi dan semakin tingginya minat manusia pada perubahan zaman, membuat peninggalan bersejarah dan kebudayaan masyarakat yang terlalu kuno perlahan-lahan ditinggalkan. Style pendidikan pun sudah mengalami banyak kemajuan ke arah yang lebih modern, padahal zaman dahulu, pendidikan masih sangat berhubungan dengan alam. Alam menjadi media utama yang membantu guru untuk menyampaikan sumber ilmu pengetahuan pada para anak didiknya. Belajar dari alam akan membuat seseorang menjadi lebih perhatian dan prihatin dengan keadaan yang berada di sekitarnya. Salah satu tempat asyik yang bisa membantu Anda untuk belajar langsung di alam adalah kebun wisata Pasir Mukti. Di tempat ini, Anda bisa belajar sambil mendapatkan banyak ilmu pengetahuan.

peta lokasi kebun wisata pasir mukti

peta lokasi kebun wisata pasir mukti

peta lokasi kebun wisata pasir mukti

Wisata nuansa alam di kebun

Di tempat wisata ini Anda bisa melakukan wisata alam dengan nuansa alam perkebunan yang kental, ada lahan sawah, tanaman obat-obatan serta kebun buah-buahan, kolam air tawar yang ditujukkan untuk perikanan, peternakan unggas. Anda yang suka berkebun atau bertani bisa mencoba untuk pergi ke kebun wisata ini dan belajar dari sana dengan baik.

agro wisata kebun pasir mukti

agro wisata kebun pasir mukti

Bersinergi dengan warga lokal

Salah satu hal yang berbeda antara tempat wisata indonesia ini dengan tempat wisata lainnya adalah wawasan lingkungannya, disini wawasan lingkungannya dapat bersinergi dengan baik dengan warna lokal sekaligus memberdayakannya. Sebagian besar lahan sawah dan lahan produksi digarap atas kerjasama pengelola dengan penduduk setempat. Bisa dikatakan jika sistem bagi hasilah yang diterapkan, hal ini sengaja dilakukan agar sesuai dengan konsep berawawasan lingkungan yaitu bersinergi dengan para penduduk lokal. Sementara lahal lainnya, akan digunakan sebagai lahan wisata, yaitu area untuk belajar memanen padi, bercocok tanam dan menumbuk padi hingga bisa disimpan di lumbung. Penduduk pun diberikan kesempatan untuk berkerjasama dalam program membajak sawan, memanen padi, maupun menumbuk padi. Sehingga para warga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari sana. Tidak berbeda jauh dengan tanaman herbal, warga ikut diberdayakan dan sebagian besar warga bekerja sebagai jamu gendong. Dengan kata lain, kebun ini memberikan banyak keutungan untuk para warga yang tinggal di sekitarnya, sangat baik untuk mengurangi jumlah pengangguran.

Belajar membajak sawah

aneka kegiatan di kebun wisata pasir mukti

aneka kegiatan di kebun wisata pasir mukti

Keistimewaan lainnya yang dimiliki oleh kebun wisata Pasir Mukti adalah pengunjung bisa belajar membajak sawah sendiri secara langsung. Dahulu, mungkin kita masih bisa membajak sawah dengan mudah, kapan saja bisa dilakukan karena tersedia lahan di mana-mana, namun seiring perkembangan zaman, lahan-lahan kosong tempat padi itu tumbuh, diubah menjadi gedung perkantoran atau gedung-gedung lainnya yang jauh lebih komersil. Namun di tempat ini, Anda bisa kembali bernostalgia dengan kegiatan alam yang biasa Anda lakukan disaat masih muda, Anda bisa sekalian mengajak anak-anak untuk melakukan pekerjaan ini sehingga mereka bisa mengerti dengan baik dari mana datangnya beras itu, bagaimana sulitnya mendapatkan beras yang berkualitas. Tidak perlu khawatir anak Anda merasa bosan, karena di tempat ini juga disediakan fasilitas bermain untuk anak, anak bisa memancing ikan, mengelilingi kebun buah, berkemah, bermain futsal, melukis caping serta bermain layangan dan kegiatan lainnya.

Menstek tanaman

Kebun wisata Pasir Mukti memiliki lahan yang baik sehingga banyak sekali tanaman yang bisa ditanam di tempat ini. Anda bisa belajar menstek tanaman dengan baik di tempat ini sehingga pada kesempatan berikutnya Anda bisa menaman tanaman dengan baik, tentunya dengan cara menstek tanaman.Jadi , Kebun wisata pasir mukti sangat ideal bagi anda yang tertarik di bidang agro wisata.


Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *