Menu

Desa Petulu

Menikmati indahnya Desa Petulu

Semua orang sudah mengetahui jika Bali menyimpan banyak sekali wisata alam yang sangat luar biasa. Selain pantainya yang terkenal yaitu Sanur dan Kuta, ternyata masih banyak wisata alam lainnya yang terdapat di Bali dan wajib anda kunjungi. Salah satunya adalah Desa Petulu di Wisata Ubud yang juga merupakan habitat burung kokoan atau yang biasa disebut bangau putih. Maka dari itu, Desa Petulu juga sering disebut sebagai Desa Kokoan.

burung kokean, desa petulu, wisata ubud

burung kokean, desa petulu, wisata ubud. sumber gambar : google.co.id

Burung Kokoan akan datang ke desa ini pada bulan November hingga Maret, pada bulan tersebut banyak burung kokoan yang membuat sarang , bertelur, kemudian mengerami sampai telur tersebut menetas. Sedangkan pada bulan April, anak-anak burung kokoan sudah bisa terbang dan mulai mencari makanannya sendiri.

Menurut cerita warga setempat, pada tahun 1965 jumlah burung kokoan di desa ini hanya ada beberapa ekor dan selalu diburu oleh manusia untuk dijadikan makanan. Namun yang lebih aneh, ketika para pemburu datang kembali ke desa ini tapi bukan untuk memburu burung kokoan tapi mereka memberitaha warga setempat bahwa mereka didatangi mahluk yang berwarna hitam dengan bentuk yang besar setelah memburu burung tersebut.

Setelah itu, masyarakat setempat membuat suatu upacara permintaan maaf di desa tersebut . Namun, pada saat melakukan upacara tiba-tiba ada kejadian aneh lainnya yaitu si pendeta yang memimpin upacara mengalami kerasukan dan mengatakan bahwa burung kokoan merupakan pengawal Ida Betara atau Dewa. Karena kejadian inilah tidak ada lagi warga yang memburu burung kokoan.

Selain terkenal dengan burung kokoan, tempat ini juga terkenal dengan persawahannya yang sangat sejuk dan disekitarnya terdapat warung makan yang sangat nyaman. Untuk sampai ke Desa Petulu, anda harus menempuh perjalanan selama 45 menit dari kota Denpasar.


Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *