Menu

4 Tujuan Wisata Tretes yang Indah

4 Tujuan Wisata Tretes yang Indah

Tujuan Wisata di Tretes.Tretes merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Prigen, Pasuruan, Provinsi Jawa Timur. Tretes berada di lereng gunung Welirang, kata Tretes diambil dari kata air yang menetes yang berbunyi tes tes, yang ditujukkan dengan adanya sebuah sumber mata air yang menetes di celah-celah dinding batu tepat di daerah Dong Biru. Sejak zaman dahulu, Tretes lebih dikenal sebagai tempat peristirahatan karena tempatnya yang menawarna hawa udara segar dan sejuk, cukup banyak bangunan villa peninggalan dari zaman pemerintahan Belanda yang berdiri di daerah ini. Melakukan perjalanan wisata Tretes, Anda akan banyak menemukan air terjun yang cantik dan masih asri. Berikut ini objek wisata di Tretes yang harus Anda kunjungi ketika berlibur ke Tretes:

4 Tujuan Wisata Tretes Terpopuler

Air terjun Alap-alap

air terjun alap alap wisata tretes

air terjun alap alap wisata tretes

Pergi ke Tretes, jangan lupa untuk menyempatkan diri berlibur ke objek wisata air terjun Alap-alap yang berada tepat di atas air terjun kakek bodo yang masih satu keluarga dengan pegunungan Gunung Arjuno serta Gunung Welirang, jaraknya tidak terlalu jauh dari kedua gunung tersebut. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 m dengan 3 tingkatan. Di bawah air terjun ada kolam yang bisa menampung air dengan luas kurang lebih sekitar 60 m persegi. Untuk sampai ke objek wisata ini, Anda harus berjalan kaki, hati-hati karena jalannya licin dan rawan longsor.

Air Terjun Kakek Bodo

Air terjun dengan pemandangan cantik ini berada tepat di ketinggian 850 m dpl serta memiliki terjunan air kurang lebih sekitar 40 m. Air terjun cantik ini terletak di kawasan wisata menarik Tretes tepatnya di lereng Gunung Welirang di pegunungan Prigen, Provinsi Jawa Timur. Air terjun ini, diberi nama kakek bodo karena ada sebuah kisah mengenai kakek yang seringkali disebut dengan kakek yang bodoh, dahulu kala ada seorang kakek bodo yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga dari keluarga Belanda. Ia memilih untuk keluar dari pekerjaan dan bertapa, sikapnya inilah yang disebut oleh keluarga Belanda sebagai kakek yang bodoh. Tempat ini bisa ditempuh dari Surabaya ke arah malang dengan jarak tempuh sekitar 51 km. Ada fasilitas yang disediakan oleh pengelola, seperti shelter, musholla, warung makanan kecil, taman bermain untuk anak dan kolam renang.

air terjun kakek bodo

air terjun kakek bodo

Air Terjun Putuk Truno

Tempat wisata Tretes ini berada tidak jauh dari dua air terjun yang telah disebutkan sebelumnya. Air terjun ini memiliki ketinggian air kurang lebih sekitar 45 m serta berada di kaki gunung Welirang serta gunung Arjuno. Air terjun ini hanya dipisahkan sepanjang 400 m dengan air terjun kakek bodo. Tidak jauh berbeda dengan air terjun lainnya yang ada di Tretes, air terjun ini juga hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki, melalui jalan setapak yang sudah dibeton serta dibuatkan undakan sehingga pengunjung lebih mudah untuk sampai ke lokasi air terjun.

Candi Jawi

Merupakan bangunan suci yang kabarnya digunakan sebagai tempat penderma Kertanegara, yakni raja terakhir dari kerajaan Singasari. Candi ini memiliki ciri khas arsitektur yang sangat unik, perpaduan dari Hindu dan Budha yang bagian puncaknya berbentuk stupa. Candi ini berada di desa Candiwates, jalan Tretes, Pandaan, yang mana bisa ditempuh dari arah Surabaya selama 40 menit. Tempat wisata Tretes ini termasuk peninggalan sejarah yang sepantasnya dilindungi dan dijaga sehingga keturunan selanjutnya bisa mempelajari dan mengenalnya dengan lebih dekat.

candi jawi

candi jawi


Pencarian terkait:

penelusuran di tretes,wisata indah di tretesPin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *